4 Tips Agar Kacamata Tidak Berembun Saat Pakai Masker

Di tengah wabah pandemi Covid-19 ini, setiap orang wajib mengikuti seluruh protokol kesehatn yang telah ditetapkan. Salah satu protokol kesehatan tersebut ialah dengan menggunakan masker yang terbuat dari kain dan bisa Anda dapatkan di berbagai tempat yang jual masker kain.

Namun menggunakan masker sepanjang hari saat berada dimanapun menjadi sebuah permasalahan tersendiri terutama bagi orang-orang yang juga harus mengenakan kacamata untuk membantu penglihatan mereka. Hidung yang tertutup masker membuat sirkulasi udara tidak bisa keluar dengan lancar dan akhirnya membuat udara tersebut membuat kacamata menjadi berembun.

Agar Kacamata Tidak Berembun Saat Pakai Masker

Bagi Anda yang sering mengalami masalah serupa, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut agar kacamata yang dikenakan tidak berembun saat memakai masker.

1. Mencelupkan kacamata pada sampo bayi atau busa sabun

Hal ini bisa Anda lakukan sebelum berangkat beraktivitas dan menggunakan masker serta kacamata Anda. Cobalah untuk mencelupkan sebentar kacamata yang akan Anda kenakan pada larutan sampo bayi atau larutan busa sabun. Biarkan busanya menempel pada kacamata Anda.

Setelah itu, biarkan busa mengering sendiri atau Anda bisa mengelapnya dengan kain lembut yang bebas serabut, tapi jangan membilasnya dengan air. Busa sabun tersebut berfungsi meninggalkan film tipis sehingga bisa mengurangi tegangan permukaan dan membuat molekul air dari nafas Anda menyebar merata ke lapisan transparan.

2. Menempatkan tisu dalam masker

Di berbagai tempat yang jual masker kain, Anda bisa menemukan varian masker kain yang memiliki sekat di dalamnya untuk tempat menaruh tisu. Selain membuat masker lebih steril, menyimpan tisu dalam lapisan masker juga berguna bagi Anda yang menggunakan kacamata agar tidak mengalami kacamata berembun karena tisu tersebut akan menyerap kelembaban nafas sebelum menyentuh kacamata. Namun Anda harus menyimpan tisu ini di posisi yang tepat yaitu pada bagian tulang hidung.

3. Mengubah cara mengikat masker

Jika biasanya Anda mengikat masker dengan cara mengikatnya di belakang kepala, maka Anda bisa sedikit mengubahnya agar tidak menimbulkan efek embun pada kacamata. Jangan mengikatnya di bagian atas telinga namun ikatlah di bagian bawah agar membuat “X” di sisi wajah. Cara ini akan membuat nafas yang Anda hembuskan keluar lebih cepat dari masker.

4. Melipat bagian atas masker

Agar Anda tidak mengalami kacamata yang berembun, Anda juga bisa menggunakan masker dengan cara melipat bagian atasnya ketika Anda gunakan. Lipatlah bagian atas masker ke arah dalam hidung sekitar satu centimeter. Hal ini dianggap cukup efektif untuk menghindarkan kacamata Anda untuk berembun saat memakai masker.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan bagi Anda yang menggunakan kacamata agar tidak berembun saat pakai masker, karena bagaimanapun Anda harus tetap memakai masker yang bisa Anda beli di berbagai tempat yang jual masker kain.

Tags: